Resetter printer

1.1  Pengertian Reset Printer

Reset printer adalah ketika printer yang kita gunakan mogok kerja yaitu dengan di tandai dengan lampu LED menyala secara bergantian atau sering di sebut blinking. Hal tersebut di sebabkan karena jumlah pencetakannya sudah mencapai batas yang telah di tentukan oleh pembuat printer (overload). Jika kondisi ini terjadi pada printer kita, mau tidak mau printer harus di servis.

Masalah ini telah banyak terjadi dan sudah menjadi rahasia umum bahwa printer memang usia pemakaiannya dibatasi,biasanya dengan perhitungan print out. Perhitungan tersebut disebut jgua dengan protection counter yang terekam dan diatur dengan sebuah chip EEPROM pada mainbord printer. Maksudnya protection counter adalah untuk memberitahu kita bahwa tinta buangan dalam tangki penampungan sudah penuh.

Hal ini dilakukan oleh pihak vendor dengan alas an utnuk menjaga kelebiha tinta di liar daya tamping bak tinta ( biasanya utnuk printer model sekarang menggunakan sejenis bahan dari busa khusus pada bagian bawah printer).

Jika protection counter ini tidak membertahu kita maka tangki tinta pembuangan akan terus terisi ketika melakukan proses head cleaning dan penuh hingga membanjiri printer kita dan kemungkinan printer kita akan rusak total. Jadi akibat hal tersebut printer kita tidak berfungsi. Untuk mengatasi hal ini, tangki penampungannya harus dibersihkan/dikosongkan dahulu. Setelah itu kita harus me-reset protection counter dengan bantuan software khusus.

Namun software untuk me-reset protection counter-nya tidak biberikan dalam paket penjualan printernya. Dan kita harus mendownloadnya sendiri.

 

 

 

 

 

BAB II

RESETTER PRINTER

 

2.1 Resetter Printer

Cara Reset Pritner Canon PIXMA iP2770

Sebaik apapun kita menggunakan Printer namun cepat atau lambat masalah error tidak bisa kita hindari. Untuk menjaga agar suatu saat printer kita bermasalah dalam kasus ini khusus untuk tipe Canon PIXMA iP2770,Software Resetter serta cara untuk melakukan Reset terhadap printer ini bisa kita download.

Sebelum melakukan reset, pertama yang harus kita lakukan adalah mengetahui apa masalah yang timbul pada printer, dan kira-kira masalah timbul setelah kita lakukan apa terhadap printer biasanya kalau printer error, lampu LED printer akan ngeblink atau berkedip. Jika masih bisa diperbaiki secara normal kita tidak perlu untuk  meresetnya. Namun jika memang sudah mengharuskan untuk direset kita lakukan itu.

Selain itu, tindakan suntik tinta biasanya berakibat printer menjadi error,salah satunya adalah error 5200 ini diakibatkan oleh perbedaan inisialisasi catridge yang terpasang sebelum dilepas dari tempat cartridge printer canon dan setelah di pasang kembali,hal ini membuat printer tidak bisa digunakan untuk mencetak,meski printer saat dihidupkan dalam keadaan normal,namun setelah diberikan perintah mencetak maka printer yang tadinya ready (tombol power menyala normal) tiba-tiba berubah menjadi berkedip bergantian dengan lampu resume yang berwarna orange.

 

Cara Resetter PIXMA Ip2770

a)      Matikan printer terlebih dahulu lalu biarkan kabel power masih terpasang pada listrik

b)      Tekan dan tahan tombol resume ( Jangan dilepas )

c)      Kemudian tekan tombol power sampai lampu hijau menyala (sata menekan tombol power,tombol resume jangan dilepas dulu)

d)     Lepas tombol resume ,dan jangan lepas tombol power

e)      Tekan tombol resume 5x kemudian lepas keduanya

f)       Computer akan mencari device baru. Abaikan saja

Cara Menggunakan Resetter

a)      Pasang kertas pada printer

b)      Jalankan Resetter Canon PIXMA iP2770

c)      Klik  “MAIN”, maka printer akan berproses,kemudian iP2770 akan melakukan print

d)     Klik  “EEPROM”,dan printer akan melakukan print lagi

e)      Matikan Printer lalu hidupkan kembali dengan cara normal

f)       Jika semua berjalan lancer, Printer akan sudah ter-reset ulang dan sudah kembali normal

 

Cara Reset Pritner Canon MP258

Cara reset printer canon MP258 tidak sama dengan cara reset printer canon versi sebelumnya yaitu canon ip1980 dan canon ip 2770. Kalau reset temporary yang dilakukan pada printer canon sebelumnya,printer sudah bisa digunakan meski keesokan harinya harus mereset ulang. Namun berbeda dengan yang terjadi pada canon MP258 yang mana setelah melakukan proses temporary harus dilanjutkan dengan reset permanen menggunakan software resetter.

Cara reset printer Canon Pixma MP258 ini ketika tidak bisa digunakan untuk mencetak dan lampu orange nyala berkedip, ketika di cek ternyata ada pesan error p07 5B00, cara mengatasinya yaitu dengan mereset dengan menggunakan software resetter.

 

 

 

Software resetter untuk printer canon MP258 dapat disearch do google,kemudian install pada computer tempat terpasang nya printer canon MP258.

a)      Matikan printer (kalau sedang on)

b)      Tekan dan tahan tombol Stop/Reset (jangan dilepas)

c)      Tekan tombol power (jangan dilepas)

d)     Lepas tombol power (jangan dilepas)

e)      Lepas tombol stop/reset,kemudian tekan tombol Stop/Reset 2 kali

f)       Lepas kedua tombol

g)      Printer akan melakukan proses instalasi ulang drive printer canon MP258

h)      Jalankan software resetter canon MP258

i)        Klik Main (tunggu sesaat,printer mencetak kembali 1 lembar kertas dengan berbagai kode)

j)        Matikan printer dan hidupkan kembali

k)      Printer sudah siap untuk digunakan

 

 

 

Daftar isi

Hong .web.id

Ilmu-komputer.blogspot.com

Belajar ilmu computer

Onewaycomputer.blogspot.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s